Tata ruang kantor atau yang disebut juga dengan istilah office layout merupakan pengaturan atau penyusunan semua barang yang ada di suatu ruangan kantor.
Dengan pengaturan tersebut, maka keseluruhan ruangan akan tampak lebih rapi dan selaras. Lebih lanjut, tujuan dan manfaat tata ruang kantor yaitu sebagai berikut.
A. Tujuan Melakukan Penataan Ruang Kantor
Bukan tanpa alasan kenapa pengaturan dilakukan terhadap ruangan, perabotan, mesin, dan berbagai kelengkapan lainnya, seperti:.
- Ruangan dapat dioptimalkan dengan baik.
- Dapat memenuhi persyaratan perundang-undangan.
- Pelayanan yang dibutuhkan selalu tersedia, seperti air, listrik, telepon, dan lain sebagainya.
- Setiap pekerja mendapatkan persyaratan kerja yang baik.
- Melakukan pengawasan pada para karyawan.
- Tercapainya integrasi antar pekerja.
- Memperlancar komunikasi antar sesama pegawai.
- Mobilitas juru tata usaha semakin dimudahkan.
- Mengurangi resiko kebisingan di dalam ruangan.
- Antar karyawan tidak sampai saling mengganggu.
- Memberikan keamanan dan kebebasan pada para karyawan.
Baca juga: Jadi Lebih Nyaman! Begini Cara Mudah Menata Ruang Kantor
B. Manfaat Tata Ruang Kantor
Tidak hanya memiliki beberapa tujuan, tata ruang kantor didesain sedemikian rupa hingga memiliki berbagai jenis karena mampu mendatangkan cukup banyak manfaat.
Adapun manfaat tata ruang kantor sangat mempengaruhi efektivitas perusahaan.
1. Mengoptimalkan Penggunaan Ruangan
Anda bisa memastikan bahwa tidak terdapat pemborosan ruang di kantor, ketika melakukan penataan ruangan.
Bahkan hal ini berlaku hingga sudut kantor sekalipun yang dimanfaatkan sedemikian rupa.
Sebab penataan yang baik seperti ini akan membuat luas atau sempitnya ruangan tidak akan terasa begitu berpengaruh dan bekerja tetap terasa nyaman.
2. Meningkatkan Produktivitas Pegawai
Manfaat tata ruang kantor berikutnya yaitu meningkatkan produktivitas pegawai karena semakin bagus dan nyaman ruang kerja berbanding lurus dengan produktivitas pegawai.
Sebaliknya, kantor ruangannya kurang tertata dengan rapi akan membuat seseorang merasa terganggu ketika bekerja.
3. Menjaga Privasi
Jika manajemen perusahaan menggunakan jenis tata ruang dengan tipe bersekat antar pekerja, maka penerapan model seperti itu dapat membantu dalam menjaga privasi karyawan.
Privasi yang terjaga bukan hanya meningkatkan kenyamanan, melainkan dapat membantu pegawai dalam memperoleh kembali konsentrasi mereka saat bekerja.
4. Meningkatkan Komunikasi Antar Tim
Meningkatkan komunikasi dan informasi antar tim merupakan manfaat tata ruang kantor berikutnya.
Karena komunikasi memang dapat berjalan lebih maksimalkan ketika ruang kantor tertata dengan baik.
Kemudahan dalam komunikasi ini dapat memastikan setiap pegawai tahu apabila ada informasi dari atasan.
Baca juga: Begini Cara Membuat Suasana Kerja Di Kantor Jadi Lebih Nyaman
5. Mempermudah Proses Controlling
Tidak hanya penyaluran informasi saja yang dipermudah, namun proses pengawasan bisa lebih mudah dilakukan dari atasan terhadap bawahannya.
6. Memudahkan Akses ke Berbagai Tempat
Melakukan penataan tata ruang yang tepat membuat kantor terlihat jauh lebih rapi. Ini akan membuat akses ke berbagai tempat jadi lebih mudah dan tidak terganggu karena ruangan yang sempit.
7. Terlihat Lebih Rapi
Penataan perabotan dan perlengkapan kerja dengan baik dan benar akan membuat ruangan terlihat lebih rapi.
Bukan hanya bagus dipandang, ruangan yang rapi seperti ini akan membuat area terasa jauh lebih luas dan lega.
8. Menghemat Pengeluaran
Kenapa tata ruang kantor dapat menghemat pengeluaran? Itu karena anda bisa memanfaatkan setiap ruang yang ada secara optimal jika menatanya dengan baik.
Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk menyewa lebih banyak ruang. Itulah berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika menata ruang kantor dengan tepat
0 Komentar