Apa Saja Fasilitas Kantor yang Wajib Ada dan Kenali Beragam Fungsinya Disini

oleh | Okt 7, 2022 | Berita | 0 Komentar

Memiliki kantor tentu harus lengkap dengan berbagai fasilitas penunjangnya. Fasilitas kantor yang lengkap akan menentukan tingkat produktivitas karyawannya menjadi lebih baik. Apa saja fasilitas yang ada di dalam kantor yang wajib harus ada? Berikut adalah beberapa alasannya dan fungsinya yang harus anda tahu. 

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Rental Office Yang Sesuai Untuk Start-up

7 Jenis Fasilitas yang Penting Ada di Kantor 

1. Ruangan kantor yang memadai

Menyewa ruangan kantor untuk menunjang jalannya bisnis adalah hal yang biasa. Banyak persewaan kantor saat ini dengan berbagai macam fasilitas yang mengikutinya. Adanya fasilitas di dalam kantor yang memadai tentu akan menunjang kinerja karyawan di dalamnya. Salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah ruangan kantor yang memadai. 

Untuk memilih lokasi kantor yang tepat, tentu anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti lokasi. Lokasi yang strategis akan menjadi pertimbangan utama untuk anda memilih kantor yang tepat. Selain lokasi, namun anda juga bisa memilih tipe ruangan kantor yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

2. Ruang Meeting

Selain ruangan kantor yang digunakan namun jenis fasilitas kantor lainnya yang bisa pertimbangkan adalah adanya ruangan meeting. Ruangan ini akan digunakan untuk membantu karyawan dalam melakukan rapat dengan segala fasilitas penunjang di dalamnya. Sehingga kegiatan meeting akan lebih nyaman dilangsungkan. 

Banyak jenis dan luas ruang meeting yang bisa anda pilih. Pilihan desain ruang meeting ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan bidang perusahaan masing masing. Selain luas ruangannya, anda juga harus pintar memilih fasilitas penunjang di dalamnya seperti proyektor dan juga coffee break bila ada. 

3. Lahan Parkir

Satu lagi jenis fasilitas kantor yang harus ada untuk menunjang bisnis anda yaitu adanya lahan parkir yang memadai. Lahan parkir di bagian luar ruangan dan parkir di dalam basement akan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan masing masing. Adanya lahan parkir yang memadai ini akan membuat karyawan lebih nyaman dalam bekerja. 

Tak hanya punya lahan parkir yang memadai, namun kantor yang bisa anda gunakan juga harus mempunyai sistem keamanan yang baik. Hal ini akan menjadi satu bagian dari fasilitas yang harus ada di kantor anda. Keamanan yang baik akan membuat kantor anda lebih aman dalam menjalankan kinerja sehari hari. 

4. Tim Penanggulangan Keadaan Darurat

Fasilitas lainnya yang harus menjadi perhatian anda dalam menggunakan kantor yang tepat adalah adanya tim penanggulangan dalam keadaan darurat. Beberapa fasilitas terkait hal ini antara lain seperti alarm kebakaran, alat penyiram, alat pemadam kebakaran, detektor panas ruangan detektor asap, hingga adanya Main Control Fire Alarm. 

Sebelum menggunakan peralatan keamanan ini juga harus terlebih dahulu melakukan uji kelayakan. Sehingga saat menggunakannya akan dijamin aman. Tak hanya tim penanggulangan darurat, namun fasilitas dalam kantor lainnya adalah teknisi. Teknisi ini akan sangat diperlukan untuk melakukan pengelolaan fasilitas di dalam kantor. 

5. Resepsionis

Hampir semua kantor akan membutuhkan penerima tamu atau Staff Resepsionis yang ramah. Hal ini penting karena akan memberikan kesan yang baik untuk pelanggan atau tamu lainnya bila berkunjung. Kriteria Resepsionis yang bisa anda pilihan adalah tentunya yang mempunyai bekal skill komunikasi yang baik dan menjadi bagian Fasilitas kantor yang harus ada. 

Dengan adanya Resepsionis ini juga akan membantu kinerja karyawan dalam hal lain seperti membantu mengkoordinasikan apa saja yang berkaitan tentang manajemen gedung. Tak hanya itu, namun Resepsionis juga bisa mengambil peran dalam membantu tenant atau tamu yang datang agar mendapatkan pelayanan yang baik.

6. Tempat Ibadah

Adanya Tempat Ibadah di dalam kantor juga merupakan salah satu fasilitas yang penting untuk dipertimbangkan. Tempat Ibadah ini harus selalu dijaga kebersihannya agar membuat karyawan yang membutuhkan bisa menggunakan ruangan tersebut dengan lebih maksimal. Hal ini akan menunjang kinerja karyawan secara keseluruhan. 

Tempat Ibadah ini sangat penting ada di dalam kantor yang juga butuh keterampilan khusus untuk bisa membangun atau menempatkannya di dalam kantor. Lokasi Tempat Ibadah yang ada di dalam kantor akan bisa menggunakan tempat yang mudah dijangkau namun tetap di lokasi yang tenang tidak banyak orang.

7. Generator Set 

Pasokan listrik adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kantor. Namun bagaimana bila aliran listrik konvensional biasanya mati tiba tiba. Tentu hal ini akan membingungkan sehingga akan membutuhkan cara alternatif untuk membuat listrik kembali bekerja, yaitu dengan menggunakan Generator Set yang merupakan salah satu fasilitas kantor yang harus anda. 

Itulah beberapa jenis fasilitas yang harus ada di dalam kantor yang bisa anda gunakan. Lengkapnya fasilitas di dalam kantor tersebut tentu akan mempengaruhi kenyamanan karyawan dan akan mampu menunjang kinerja karyawan menjadi lebih baik. Sehingga sangat penting sekali untuk memilih jenis fasilitas yang digunakan agar tepat fungsinya. Hubungi Kami untuk informasi fasilitas kantor yang tersedia di The Honey Lady.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip