Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Titik Kumpul Evakuasi, Yuk Cek Pelajari Bersama!

oleh | Okt 7, 2022 | Berita | 0 Komentar

Anda semua pasti pernah mendengar istilah titik kumpul. Ternyata titik kumpul memiliki maksud atau manfaat yang besar, lokasi pemilihan nya pun tidak bisa sembarangan. Diperlukan ilmu atau dasar agar keberadaan titik kumpul bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk belajar lebih dalam seputar titik kumpul evakuasi disini!

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Penerapan K3 Di Perusahaan

A. Apa Yang Dimaksud Titik Kumpul ?

Mungkin sebagian dari anda masih belum terlalu mengenal apa yang dimaksud dengan titik kumpul khususnya untuk evakuasi. Sebenarnya lokasi tersebut menjadi spot penting yang harus ada di sekitar gedung atau pusat keramaian. Nama lain dari titik kumpul dalam bahasa inggris adalah assembly point. Jadi anda tidak perlu bingung saat mendengar kata tersebut. 

Titik kumpul merupakan sebuah lokasi yang aman saat kondisi darurat dan dijadikan sebagai lokasi berkumpul. Keberadaan spot ini akan mempermudah proses evakuasi saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan, misalnya saja gempa bumi. Spot tersebut juga bisa dijadikan tempat berlindung sementara mengingat pemilihan lokasinya yang dinilai aman. 

B. Manfaat Titik Kumpul 

Pada poin sebelumnya, mungkin anda sudah terbayang apa manfaat dari titik kumpul. Benar saja, mereka menjadi spot penting terutama di area public atau pusat perkantoran. Titik kumpul evakuasi menjadi tempat yang cocok bagi karyawan gedung atau masyarakat sekitar untuk berkumpul saat terjadi bencana atau keadaan darurat.

Selian penting bagi masyarakat, spot ini juga penting bagi tim penyelamat. Tim tanggap darurat bisa menjadikan lokasi tersebut untuk mengumpulkan atau memastikan bahwa masyarakat berada dalam kondisi yang aman selama keadaan darurat. Tim penyelamat juga akan lebih mudah saat mengidentifikasi orang karena semuanya telah berkumpul. 

Ketika ada beberapa orang yang tidak dapat ditemukan, maka ada indikasi bahwa orang tersebut masih terjebak di kawasan yang berbahaya saat proses evakuasi. Tim penyelamat bisa langsung bergerak untuk mencari orang yang bersangkutan. Jika seandainya tidak ada titik kumpul, maka akan sulit untuk mengetahui siapa yang masih belum aman atau masih perlu bantuan. 

C. Syarat Menentukan Titik Kumpul

  • Aksesibilitas

Menentukan titik kumpul evakuasi tidak boleh sembarangan karena memiliki fungsi yang sangat penting. Salah satu syarat yang wajib terpenuhi adalah terkait dengan aksesibilitas. Apa yang muncul di benak anda saat mendengar istilah tersebut? Benar saja, bahwa poin ini berkaitan dengan kemudahan akses dari titik kumpul itu sendiri.

Titik kumpul harus berada di spot yang mudah dijangka,berada di jarak yang aman dari bahaya, dan tidak terhalang. Spot ini harus aman dari kemungkinan terkena dampak reruntuhan bangunan, kebakaran, dan lain sebagainya. Informasi terkait dengan aksesibilitas sudah diatur oleh pemerintah, yaitu harus memiliki jarak minimum 20 meter dari gedung. 

Lokasi spot ini juga tidak boleh berada di titik yang dapat menghalangi datangnya ambulans, pemadam kebakaran, atau tim penyelamat yang lain. Disamping itu, lokasi ini juga tidak boleh dekat dengan lokasi lalu lintas yang padat, medan yang berbahaya, dan peralatan listrik yang berat atau bertegangan tinggi. 

  • Luas area

Ukuran assembly point tidak boleh diabaikan, karena prinsipnya harus bisa menampung semua orang yang berada di lokasi sekitar titik kumpul evakuasi. Misalnya karawam dari sebuah perusahaan termasuk tamu atau kontraktor. Titik ini harus luas agar orang yang berkumpul tidak saling terjepit dan bisa bergerak dengan leluasa. 

Titik ini paling ideal berada di lokasi yang luas dan terbuka, seperti hal nya tempat parkir. Anda tidak boleh menggunakan pintu keluar atau lobi sebagai titik kumpul karena areanya yang sempit dan umumnya tidak memenuhi syarat aksesibilitas seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jarak mereka dari gedung belum mencapai 20 meter sehingga masih bisa terkena dampak bahaya. 

  • Keamanan 

Tentu yang namanya titik kumpul harus aman dari resiko tambahan keadaan darurat. Spit in harus jauh dari pohon besar, sunga, atau segala aspek yang dapat menjadi penyebab bahaya sekunder setelah bencana. Jika ternyata keadaan darurat yang muncul adalah gempa bumi, maka memilih assembly point dekat pohon besar malah akan menambah resiko tertimpa pohon. 

  • Penanda titik kumpul

Sebuah titik kumpul evakuasi wajib memiliki titik penanda. Fungsi penanda adalah agar orang orang tahu jika tempat itu adalah aman. Tanda yang dipasang harus jelas dan sesuai dengan rambu K3. Pemasangannya juga harus di titik atau ketinggian tertentu agar tidak terhalang dan mudah terlihat. Ukurannya juga harus besar, agar mudah ditemukan oleh orang lain. 

Anda yang memiliki rencana sewa ruang kerja atau kantor juga penting untuk mencari lokasi yang sudah memiliki titik kumpul. Salah satu penyedia layanan sewa ruang kantor yang telah dilengkapi dengan titik kumpul adalah The Honey Lady. Prosedur keamanan dan keselamatan pekerja juga sudah diterapkan dengan baik. Yuk cek The Honey Lady Sekarang!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip