Di era modern seperti sekarang ini, website menjadi salah satu kebutuhan bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya. Sebab website dapat menjadi media yang mampu mendekatkan bisnis dengan customer, selain sebagai media informasi perusahaan. Lebih lanjut, yuk simak sejumlah manfaat website bagi perusahaan berikut ini.
A. Jenis Jenis Website
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat website semakin dibutuhkan. Kini anda bisa menemukan ribuan sampai milyaran website yang tersebar di seluruh internet. Namun tahukah anda bahwa jenis website itu ada banyak macamnya ? Dimana jenis ini dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
- Company Profile
Sesuai dengan namanya, website company profile merupakan situs web yang menampilkan profil perusahaan. Keberadaan website ini memungkinkan masyarakat untuk mengenal dan memperoleh berbagai informasi tentang perusahaan dengan mudah. Adapun pihak yang akan terbantu oleh website company profile yaitu calon pelanggan, mitra bisnis, dan calon investor.
Fungsi situs yang memberikan profil bisnis secara mendetail tersebut antara lain memberi gambaran umum tentang perusahaan, menarik pelanggan, menunjukkan kredibilitas, membuka peluang bisnis yang lebih besar, dan menampilkan informasi mengenai produk serta layanan yang ditawarkan bisnis.
- E-commerce
Ada banyak manfaat website bagi perusahaan, termasuk situs berjenis e-commerce. Jenis website ini pastinya sudah sering anda dengar di kehidupan sehari hari. Karena saat ini e-commerce semakin menjamur di tengah tengah masyarakat. Yakni website yang dibuat agar konsumen dapat membeli produk secara langsung melalui saluran daring.
Kurang lebih bentuknya sama seperti online shop, yang digunakan sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli. Jadi proses pembelian sampai pembayaran akan terjadi di dalam website. Beberapa contoh e-commerce yang sudah dikenal luas oleh publik misalnya Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.
- Landing Page
Landing page adalah halaman di dalam website, yang mana halaman tersebut dibuat secara khusus untuk keperluan marketing campaign. Landing page ini menjadi hal yang perlu diperhatikan apabila perusahaan mengandalkan digital marketing. Sebab landing page akan menjadi kesempatan bagi bisnis dalam mendapatkan informasi pengunjung.
Umumnya pengunjung akan mengklik link dari media sosial, Google Ads, email, atau sumber lainnya. Dan dari link tersebut akan muncul sebuah halaman terbuka yang dikenal sebagai landing page. Di sinilah pengunjung akan diminta memasukkan data pribadi seperti usia, jenis kelamin, sampai email. Sehingga halaman landing page bisa dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen atau sebagai CTA (call to action).
B. Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda
Apabila ingin memperoleh manfaat website bagi perusahaan secara optimal, maka anda perlu memperhatikan domain yang digunakan. Domain ini merupakan nama website yang diletakkan di kolom alamat browser untuk membuka situs. Sehingga domain dapat menjadi identitas sebuah website di internet.
Karena itu, anda dapat memanfaatkan domain sebagai branding bagi bisnis anda. Caranya yaitu dengan membuat domain yang dapat merepresentasikan bisnis anda. Jadi ketika seseorang mengingat suatu produk dari bisnis yang anda miliki, maka bisa langsung mengetikkan nama domain di peramban. Tentu ini akan sangat membantu bisnis meningkatkan penjualan.
C. Manfaat Website Bagi Perusahaan
1. Menampilkan Profil Perusahaan
Jika anda membuat website jenis company profile, tentu situs tersebut dapat dimanfaatkan untuk menampilkan berbagai informasi mengenai bisnis anda. Karena hampir semua orang sekarang mencari informasi di internet terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu, atau ketika ingin bekerjasama dengan suatu brand.
2. Menjadi Sarana Pemasaran
Manfaat website bagi perusahaan berikutnya yaitu menjadi sarana pemasaran. Dengan ini, anda memiliki peluang untuk memperoleh calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak, mengingat bahwa internet sekarang telah digunakan secara luas oleh berbagai kalangan masyarakat.
Bahkan sarana pemasaran menggunakan website dapat menggantikan pemasaran offline seperti iklan di koran, papan reklame, atau brosur yang memakan banyak biaya. Apabila anda ingin menghemat budget marketing, maka memiliki website sendiri sebagai sarana pemasaran tentu menjadi investasi yang tepat.
3. Meningkatkan Kredibilitas
Website juga dapat meningkatkan kredibilitas. Ini akan sangat membantu bagi anda yang menjalankan bisnis rumahan atau usaha kecil. Karena tidak perlu memiliki toko fisik terlebih dahulu untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan melakukan promosi. Supaya lebih meyakinkan, usahakan desain dan tampilan website dibuat sedemikian rupa supaya tampak lebih profesional.
4. Meningkatkan Kualitas Layanan
Meningkatkan kualitas layanan juga menjadi salah satu manfaat website bagi perusahaan. Pasalnya keberadaan situs web memungkinkan info atau promo yang anda tawarkan dapat diakses kapan saja oleh pelanggan. Sehingga anda bisa terus tersambung dengan konsumen selama 24 jam tanpa ada batasan waktu.
Intinya, ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari website bisnis. Tidak heran apabila sekarang hampir semua bisnis berlomba lomba membuat website yang menarik. Bukan hanya perusahaan besar saja, tapi juga UMKM dan bisnis rumahan. Jika anda saat ini belum memiliki website sendiri untuk bisnis, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkannya.
0 Komentar