Ada banyak alasan untuk resign, bukan hanya melulu perihal gaji. Suasana kerja yang tidak nyaman juga menjadi alasan mengapa seseorang memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya.
Suasana kantor yang nyaman dan lingkungan kerja yang sehat merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa diabaikan.
Berikut ini cara membuat suasana kerja di kantor menjadi lebih nyaman.
1. Rekrut Orang yang Good Attitude
Lingkungan kerja yang nyaman juga dapat dipengaruhi oleh kualitas kepribadian karyawannya. Jika ingin menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman, sebaiknya cari kandidat karyawan yang memiliki kepribadian yang baik.
Kepribadian ini bisa digali ketika proses interview maupun ketika tes uji kemampuan, bisa memberikan tes MBTI.
Merekrut orang-orang dengan attitude yang baik akan sangat membantu menghadirkan suasana kerja yang nyaman.
Hubungan antar karyawan yang baik juga akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.
2. Hadirkan Desain Interior Modern
Umumnya jam kerja pegawai kantor bisa sekitar 8 jam dalam sehari. Jika berada di ruang yang monoton tentu akan membuat bosan.
Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis bisa memberikan dekorasi pada ruang kerja menjadi lebih santai.
3. Jalin Komunikasi yang Baik Antar Rekan Kerja
Suasana kerja yang kondusif dapat tercipta dengan terjalinnya komunikasi yang baik secara dua arah. Hal inilah yang menjadi kunci menciptakan hubungan baik dengan sesama karyawan.
Tidak hanya komunikasi antara atasan atau bawahan, tetapi juga komunikasi dengan sesama rekan kerja.
4. Ajak Makan Siang Bersama
Makan siang bersama memang terbilang sederhana, tetapi bisa menjadi cara untuk saling mendekatkan diri.
Tidak ada salahnya bergabung dengan divisi yang lain untuk menjaga hubungan baik rekan kerja, sehingga relasi juga akan lebih luas.
5. Dengarkan Musik
Suasana kerja di kantor juga bisa meningkat jika kita mendengarkan musik. Ketika semua orang sedang bekerja, biasanya akan fokus pada pekerjaan masing-masing.
Sebagai karyawan, Anda bisa menggunakan earphone untuk memutar lagu yang yang disukai. Usahakan untuk tidak memutar lagu terlalu keras agar tidak mengganggu rekan kerja lain.
Baca juga: Tips Memilih Tempat Rental Office Yang Sesuai Untuk Start-up
6. Coba Sesekali untuk Bercanda Agar Suasana Lebih Cair
Tidak ada salahnya untuk ikut melempar candaan dengan teman sekantor. Namun, perlu diingat bahwa bercanda harus dalam batas yang wajar.
Jangan sampai ada yang merasa sakit hati dengan candaan yang diucapkan. Sebaiknya menghindari candaan dengan topik sensitif, seperti keadaan fisik, keluarga, SARA, dan juga politik.
7. Pastikan Pencahayaan Ruang Kantor Mencukupi
Apabila ingin menciptakan suasana kerja di kantor yang nyaman, juga harus memperhatikan pencahayaan ruang kantor.
Pencahayaan alami dari matahari bisa meningkatkan mood karyawan, selain itu bisa lebih fokus serta membuat lebih produktif.
Jika tidak menggunakan cahaya alami, bisa juga menggunakan lampu berwarna putih terang.
8. Hindari Menindas Rekan Kerja (Bullying)
Bagi beberapa karyawan yang merasa senior atau memiliki kekuatan, mungkin secara tidak sengaja pernah melakukan tindakan bullying. Bila dalam konteks bercanda, sebaiknya segera disadari dan ditegur agar tidak semakin berlebihan.
Karena hal ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan membuat hubungan dengan rekan kerja semakin canggung.
9. Jangan Bergosip
Selain menghindari bullying, disarankan juga untuk tidak bergosip karena dapat membuat berita-berita yang belum tentu benar, bahkan bisa memecah belah.
Daripada bergosip lebih baik mengobrol ringan dan tidak menyinggung siapapun, misal menanyakan bagaimana liburan akhir pekan kemarin, rencana libur selanjutnya, dsb.
10. Dukung Rekan Kerja dan Berikan Apresiasi
Membangun suasana kerja yang baik juga bisa dilakukan dengan memberikan apresiasi sebagai bentuk dukungan kepada mereka.
Tidak hanya dilakukan dari atas pada bawahan, tetapi pada sesama rekan kerja. Apresiasi akan membuatnya merasa dihargai serta dianggap penting dalam sebuah teamwork dan memotivasi untuk lebih baik lagi.
11. Rencanakan Hangout Bareng Saat Weekend
Untuk menciptakan tim yang solid, ada baiknya meluangkan waktu untuk mengajak liburan bersama rekan satu divisi.
Hal ini bertujuan agar chemistry antar karyawan semakin terbentuk dan memiliki rasa kebersamaan yang kuat.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar suasana kantor menjadi lebih nyaman dengan menjaga keharmonisan hubungan antar karyawan.
0 Komentar