Yuk Simak Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan yang Mau Menerapkannya

oleh | Agu 1, 2022 | Berita | 0 Komentar

Secara sederhana, tujuan dari etika bisnis perusahaan adalah untuk memastikan sikap moral yang konsisten di dalam perusahaan itu sendiri. Etika bisnis yang dijalankan dengan baik kemudian membangun kepercayaan publik terhadap perusahaan yang terlibat. Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui dan memahami manfaat etika bisnis bagi kemajuan usaha.

A. Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis dipercaya sebagai suatu studi tentang kebijakan dan praktik bisnis yang terkait dengan topik atau masalah bisnis yang berpotensi kontroversial.

Etika dalam bisnis ini akan mencakup tata kelola bisnis, nepotisme atau pelanggaran hubungan kerja, diskriminasi, penyuapan, tanggung jawab sosial oleh perusahaan atau CSR dan tanggung jawab standar.

Secara hukum, etika bisnis setiap negara juga mematuhi pedoman dasar tertentu yang diakui secara resmi. Ide etika bisnis muncul di Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Di sana, praktik bisnis komersial mulai terbuka tanpa diskriminasi atau pembatasan lainnya. Pada saat itu, keyakinan utama dalam etika bisnis didasarkan pada penelitian akademis tentang bagaimana bisnis beroperasi dengan benar.

Berbagai penelitian dan studi praktis telah dilakukan untuk menentukan kelayakan etis suatu perusahaan dan bisnisnya.

Pada saat, etika bisnis umumnya terfokus pada skandal pekerja anak dan kondisi kerja yang buruk terkait dengan kesejahteraan.

Sistem ini telah meningkatkan praktik perburuhan dan bisnis umum sejak zaman perbudakan masa lalu.

Integrasi etika bisnis ke dalam semua aspek komersial kemudian dikembangkan oleh berbagai negara, menerapkan aturan standar yang terkait dengan jam kerja, upah dan jaminan sosial.

Selain itu, etika bisnis juga mengacu pada cara di mana hubungan antara perusahaan adalah legal dan transendental. Berikut manfaat etika bisnis di perusahaan.

B. Apa Saja Manfaat Etika Bisnis

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Etika bisnis eksternal lainnya adalah tanggung jawab aktif perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Hal ini dapat dilakukan dengan adanya CSR atau corporate social responsibility dan kegiatan lain yang memajukan perekonomian atau kesejahteraan masyarakat sekitar.

Hal tersebut akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Membangun Citra Baik di Mata Pelanggan

Desain toko atau peraturan bisnis yang tepat dapat meningkatkan citra dan reputasi perusahaan Anda. Hal ini ditandai dengan peningkatan integritas dalam perusahaan.

Tentu saja dengan reputasi dan citra yang baik, Anda dapat menarik banyak pelanggan dan menjaga perusahaan Anda tumbuh dan mencapai tujuan sesuai dengan target yang ditentukan.

Meningkatkan Keuntungan Bagi Perusahaan

Manfaat selanjutnya yaitu mendapatkan peningkatan dalam hal keuntungan penghasilan perusahaan.

Pelanggan Anda yang sudah percaya dengan bisnis Anda juga akan mendapat untung paling banyak ketika perusahaan sudah mampu dalam menggunakan etika bisnis yang baik untuk benar-benar meyakinkan pelanggan bisnis tentang kinerja dari perusahaan.

Menciptakan Kesejahteraan dan Produktivitas Karyawan

Dengan menerapkan sistem atau etika bisnis dalam perusahan dengan baik maka karyawan akan lebih kuat dan mampu memimpin manajemen secara efektif.

Etika yang berlaku pada bisnis Anda berdampak positif dalam menjaga kepatuhan karyawan. Apalagi jika perusahaan Anda mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dalam berbisnis.

Baca Juga: Bisnis – Definisi, Fungsi, Etika & Jenis Bidang Usahanya

C. Contoh Etika Bisnis

Etika Melindungi Pelapor Pelecehan dan Pelanggaran

Beberapa perusahaan menggunakan jenis etika bisnis ini untuk mengurangi risiko pelanggaran hukum seperti pelecehan seksual, penyuapan, penyalahgunaan wewenang, dan konflik kepentingan.

Kehadiran pelapor umumnya ditakuti karena dapat menimbulkan bullying dan sejenisnya. Namun ketika mengungkapkan informasi, perusahaan juga memiliki kewajiban etis.

Tujuannya adalah untuk dapat memberikan perlindungan terhadap pelapor dan melakukan penilaian atau investigasi internal atas laporan pelanggaran tersebut.

Informasi dan pelanggaran yang terjadi secara internal diharapkan tetap internal kecuali pelanggaran tersebut dalam ranah kejahatan. Itulah salah satu manfaat etika bisnis dalam perusahaan.

Meningkatkan Rasa Hormat Antar Rekan Kerja

Menghormati rekan kerja tidak berarti banyak rasa hormat. Ini adalah etika bisnis yang paling sederhana.

Rasa hormat dapat dicapai dengan memperlakukan rekan kerja secara profesional dan tidak melecehkan mereka secara verbal atau fisik.

Fokusnya adalah membangun hubungan yang baik antara karyawan dan meningkatkan produktivitas dan potensi kerja tim.

Paham Kode Etik Berpakaian

Perusahaan yang berbeda memiliki kode berpakaian yang berbeda. Untuk perusahaan dengan karakter bisnis formal, pakaian yang direkomendasikan untuk karyawan yaitu dengan pakaian bisnis formal seperti kemeja, celana panjang, sepatu formal, dasi dan jas.

Namun, beberapa perusahaan dengan fleksibilitas kerja yang tinggi umumnya memiliki fleksibilitas untuk berpakaian sopan.

Dengan menerapkan etika dasar maka manfaat etika bisnis akan berdampak  terhadap bagaimana cara karyawan berpenampilan.

Untuk bisa menampilkan kesan menghormati rekan kerja, pastinya setiap karyawan akan memperhatikan dengan benar pakaian mana yang akan cocok dan layak digunakan sebagai bentuk kesadaran akan nilai dasar etika.

Dengan adanya pemahaman dan penerapan etika dalam berbisnis ini pastinya kan membuat setiap orang atau karyawan yang menjadi bagian dari suatu perusahaan mampu menghormati rekan kerjanya.

Hal ini akan memberikan pandangan baik bagi perusahan dimata mitra kerja atau sesama karyawan dalam upaya mencapai tujuan secara bersama.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.