Bisnis - Definisi, Fungsi, Etika & Jenis Bidang Usahanya

Bisnis – Definisi, Fungsi, Etika & Jenis Bidang Usahanya

oleh | Apr 25, 2022 | Berita | 0 Komentar

Menjalankan sebuah bisnis menjadi tantangan tersendiri karena untuk mengembangkan bisnis tidaklah mudah.

Diperlukan waktu, modal, dan pengalaman untuk terus bisa berkembang dan bertahan dalam industri yang semakin kompetitif di masa sekarang.

Definisi Bisnis

Bisnis adalah sebuah kegiatan yang didalamnya melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian dengan tujuan untuk mendapat laba atau keuntungan. 

Bisnis ini dapat dibentuk dan dibangun oleh sebuah kelompok maupun individu. 

Fungsi Bisnis

  • Form utility yaitu fungsi saat bisnis menciptakan barang untuk masyarakat.
  • Place utility adalah saat produk telah disalurkan ke masyarakat. 
  • Time utility yaitu ketika produk diluncurkan di momen yang pas.
  • Possessive utility adalah fungsi bisnis saat terjadi perubahan kepemilikan.

Etika Berbisnis

  • Prinsip otonomi artinya setiap pelaku bisnis harus otonom atau bebas.
  • Prinsip kejujuran yang artinya pelaku bisnis perlu menjalankan usahanya secara jujur.
  • Prinsip keadilan di mana para pengusaha perlu berperilaku adil pada konsumen dan karyawan. 
  • Prinsip integritas moral yaitu setiap pihak harus menjaga nama baik perusahaan, agar citra baik perusahaan tetap terjaga di masyarakat.
  • Prinsip kesetiaan dimaksudkan agar seluruh elemen perusahaan baik atasan dan bawahan harus profesional dalam bekerja dan tidak membawa urusan pribadi ke dalamnya.

Bidang Usaha Dalam Bisnis

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, sebaiknya Anda mengetahui berbagai macam jenis bidang usaha bisnis yang bisa dijalankan.

1. Bisnis Otomotif

Bisnis otomotif bisa menjadi pilihan karena Anda bisa menjual beberapa produk otomotif mulai dari motor dan mobil. 

Selain itu, Anda juga bisa menjual sparepart, mesin, hingga jasa service yang pasti akan selalu dibutuhkan.

2. Bisnis Kuliner

Menjajaki bisnis kuliner adalah peluang usaha yang tidak akan pernah ada habisnya. Dengan berbagai variasi makanan dan minuman yang bisa dikreasikan dari bahan-bahan tertentu bisa membuat tetap eksis.

Atau bisa juga dengan bisnis franchise makanan atau minuman tertentu, baik dari brand lokal maupun luar yang memang sudah terkenal. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan momentum pada hari-hari tertentu agar bisa meningkatkan omset bisnis.

3. Bisnis Fashion

Menjalankan bisnis fashion tidak kalah menantang untuk dicoba. Mulanya buka saja butik kecil kecilan dan lakukan pengelolaan yang baik. 

Dengan begitu, butik tersebut akan berkembang lebih besar. Atau coba untuk produksi beberapa jenis pakaian, celana, topi, ataupun jaket dengan harga terjangkau. 

Anda bisa membuat brand Anda sendiri, dan bila laku dipasaran tentu saja brand Anda akan mulai dilirik oleh pangsa pasar lokal di Indonesia.

4. Bisnis Event Organizer

Kesibukan menjadi alasan mengapa orang orang memerlukan EO untuk mengatur acaranya. Anda bisa menjalin kerja sama dengan beberapa vendor lain mulai dari makeup, home band, interior design, pengelola gedung, hingga catering.

5. Bisnis Jasa Kebersihan

Pilihan bisnis selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah bisnis jasa kebersihan. Beberapa contohnya adalah dengan membuka jasa cuci karpet dan sofa secara online yang akan datang ke rumah pelanggannya.

6. Bisnis Pet Shop

Pemilik hewan peliharaan pasti memerlukan tempat mereka bisa membeli perlengkapan untuk binatang kesayangannya atau sekedar menitipkannya saat berpergian cukup lama. 

7. Bisnis Laundry

Bisnis laundry bisa dibilang memiliki potensi yang besar apalagi bila berada di daerah perumahan, hotel, apartemen, dan kampus. 

8. Bisnis Online Marketing

Bisnis online marketing telah bekembang menjadi bisnis yang menjanjikan terutama di era serba digital seperti sekarang. 

Anda bisa mencoba mempelajari teknik optimasi email marketing, SEO, PPC, SMO, dll untuk menunjang kebutuhan pemasaran digital yang akan dilakukan oleh seorang konsultan bisnis. 

9. Bisnis Les Privat

Kegiatan belajar mengajar juga sangat menyenangkan. Apalagi ada begitu banyak anak sekolah yang membutuhkan pelajaran tambahan untuk menunjang nilai akademiknya. 

Anda bisa mencoba merekrut orang untuk menjadi tenaga pengajar atau bila Anda sendiri memiliki kelebihan dalam bidang mata pelajaran tertentu, bisa mencoba terjun langsung menjadi mentor les. 

10. Bisnis Kerajinan Tangan 

Contoh bisnis kerajinan tangan yang sedang hits adalah membuat pot dari bahan anyaman atau lampu dari bambu. Anda bisa mencobanya dengan menambahkan ciri khas brand agar produk terlihat unik.

11. Bisnis Furniture

Membuka bisnis furniture seperti pembuatan meja, lemari, tempat tidur, kursi, dll merupakan peluang bisnis yang baik.

Tentunya, setiap rumah, apartemen, hotel, dan perkantoran membutuhkan furniture. Bila produk furniture yang dihasilkan berkualitas, bukan tidak mungkin brand furniture Anda bisa di ekspor ke luar negeri.

12. Bisnis Pertambangan

Salah satu contoh bisnis pertambangan adalah tambang pasir, namun Anda perlu memiliki izin yang jelas dan terbukti memiliki pengelolaan yang baik agar tidak merusak lingkungan. 

13. Bisnis Oil & Gas

Keuntungan dari bisnis oli dan gas sangat besar. Sebagai contoh, bisnis tersebut bisa dimulai dengan mendirikan perusahaan minyak kelapa sawit.

14. Bisnis jasa Titip

Bisnis jasa titip memang susah sangat populer sejak beberapa tahun yang lalu. Anda bisa membuka jastip saat Anda sedang bepergian ke suatu tempat. 

Contoh bisnis jastip yang paling populer adalah jastip barang branded dari Singapura.

15. Bisnis kesehatan

Bisnis di bidang kesehatan juga tidak kalah menarik dibandingkan bisnis lain yang telah disebutkan. 

Anda bisa membuka apotek yang menyediakan berbagai stok obat. Namun, sebelumnya Anda harus memiliki surat izin resmi agar tidak menyalahi aturan. 

16. Bisnis Pertanian

Membuka toko pupuk dan obat adalah wujud bisnis dibidang pertanian yang berpeluang besar di masa sekarang. Anda bisa menjual secara offline dan juga online, sehingga peluangnya akan lebih besar. 

17. Bisnis Produksi Bahan Mentah

Contoh bisnis produksi barang mentah adalah produksi kacang kedelai, tebu, dan kapas. Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki lahan yang luas, sehingga bisa menjual hasil panen dalam bentuk setengah jadi.

18. Bisnis Properti

Properti termasuk dalam salah satu bidang bisnis yang harganya selalu naik dari tahun ke tahun. Bila Anda memiliki modal yang besar, Anda bisa memperjual-belikan bangunan rumah, apartemen, hotel, ataupun menyewakan gedung perkantoran.

Baca juga: 13 Keuntungan Sewa Office Space Jakarta Dibanding Membeli Ruang Kantor

19. Bisnis Konstruksi

Potensi bisnis konstruksi di Indonesia cukup menjanjikan, terlebih lagi cakupan wilayah yang luas. 

Anda juga bisa mencoba untuk bergabung dalam proyek infrastruktur pemerintah atau swasta untuk membangun rumah, apartemen, hotel, dan berbagai bangunan lainnya. 

20. Bisnis Transportasi

Membuka jasa travel juga termasuk jenis usaha dalam bidang transportasi. Namun untuk memulai ini, Anda perlu melengkapi armada khusus dan kendaraan yang akan digunakan untuk bisa mengangkut penumpang.

21. Bisnis Ekspor/Impor

Anda bisa merambah ke dunia ekspor maupun impor untuk berbagai jenis barang yang dijual dalam jumlah besar ke berbagai negara. 

22. Bisnis Finansial

Sesuai dengan namanya, bisnis finansial berhubungan erat dengan bidang keuangan. Anda bisa membuka usaha seperti koperasi simpan pinjam maupun perusahaan konsultan keuangan untuk memberikan edukasi kepada perusahaan maupun perseorangan. 

23. Bisnis Kecantikan

Membuka klinik kecantikan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan terutama jika dibuka di kota kota besar. 

Anda bisa memulainya dengan bisnis perawatan kulit dan SPA dengan bahan alami. Alternatif lainnya, Anda bisa bergabung menjadi distributor brand-brand kecantikan yang sudah ternama dan menjualnya sendiri.

24. Bisnis Teknologi

Anda bisa membuka bisnis dibidnag teknologi karena prosepeknay untuk berkembnag cukup besar. 

Adapun contoh bisnisnya adalah usaha web development, produk IT, ataupun berbagai perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan industri.

Bagaimana, menarik bukan? Anda bisa memilih macam-macam bisnis dan bidang usaha yang memang Anda yakin bisa untuk dijalankan.

25. Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur bisa dipertimbangkan adalah baju dan tekstil. Jenis bidang usaha ini masih terbilang masih konvensional. Karena Anda akan memproduksi produk dengan kualitas dan kuantitas dalam jumlah besar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Marketing
The Honey Lady Building
Halo 👋
Selamat datang, sedang mencari sewa kantor dengan lokasi yang strategis?
Anda berada ditempat yang tepat

Segera hubungi kami!