Struktur Organisasi Perusahaan – Pengertian, Fungsi, Manfaat, & Contoh

oleh | Jun 3, 2022 | Berita | 0 Komentar

Saat Anda ingin membangun perusahaan atau bisnis, tentunya struktur organisasi memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini lantaran dengan adanya struktur organisasi perusahaan, akan membantu agar kinerja dan jobdesk bisa berjalan dengan benar dan jelas.

Untuk itu, kenali lebih jauh tentang struktur organisasi yang ada di perusahaan.

Pengertian Dari Struktur Organisasi

Dalam pengertiannya sendiri, struktur organisasi pada bisnis atau perusahaan ini adalah susunan atau tingkatan. Dimana isinya yakni tentang peran serta pembagian tugas berdasarkan jabatan yang ada di dalam perusahaan.

Secara garis besar, Anda pun akan menemukan struktur yang disusun dalam bentuk garis hierarki atau bagan, lengkap dengan deskripsinya.

Selain itu, dengan adanya struktur ini maka perusahaan pun akan lebih mudah untuk melakukan pembagian tugas dan juga tanggung jawab kepada karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Biasanya dalam sebuah perusahaan akan memiliki struktur organisasi yang jelas berdasarkan fungsinya.

Fungsi Dari Struktur Organisasi

1. Mampu Mendeskripsikan Uraian Pekerjaan

Salah satu fungsi dari struktur organisasi perusahaan adalah sebagai bentuk untuk mendeskripsikan uraian tugas.

Hal ini dikatakan apabila tugas dari masing masing komponen tersebut dapat dijabarkan dengan jelas, kondisi tersebut tentu saja akan mampu untuk membantu karyawan.

2. Lebih Mudah Melakukan Monitoring

Dengan memiliki tugas dan deskripsi yang jelas, fungsi dari struktur ini sendiri akan lebih memudahkan bagi atasan untuk melakukan monitoring pekerjaan.

Hal ini tentu saja akan membuat pihak atasan, lebih gampang untuk mengetahui bagaimana kinerja dari karyawan yang ada dalam perusahaan.

3. Alur Hubungan Kerja Menjadi Jelas

Selain itu, fungsi dari stuktur organisasi ini sendiri adalah agar bisa mengetahui alur hubungan kinerja sehingga menjadi lebih jelas.

Hal tersebut, mulai dari batas tanggung jawab dalam setiap posisi masing masing. Mulai dari waktu, cara hingga orang orang yang tepat untuk memudahkan pekerjaan tersebut.

4. Peran Setiap Individu Dapat Dijelaskan Dengan Lebih Baik

Fungsi lainnya adalah peran pada setiap individu yang bekerja di perusahaan tersebut akan bisa dijabarkan dengan lebih baik.

Hal ini lantaran setiap karyawan tentu saja akan memiliki peran serta tanggung jawab yang memang harus dikerjakan dengan baik. Adapun posisi yang diberikan juga memang harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

5. Kewajiban Karyawan Bisa Terlaksana

Struktur organisasi perusahaan juga akan membuat setiap pekerjaan atau kewajiban dari karyawan akan terlaksana dengan baik.

Mulai dari posisi yang diberikan dan juga wewenang dari setiap individu akan bisa dipertanggung jawabkan dan dilaksanakan dengan baik, saat adanya struktur ini.

6. Sebagai Pedoman Untuk Setiap Perusahaan

Dengan adanya struktur organisasi akan memiliki fungsi yakni sebagai pedoman bagi perusahaan.

Diantaranya adalah terkait dengan manajemen penyusunan strategi agar bisa mencapai target yang memang telah ditetapkan. Sehingga perusahaan akan menjadi lebih berkembang.

Baca Juga: Cara Membangun Tim Kerja yang Baik Dalam Organisasi

Manfaat Dari Struktur Organisasi

1. Mampu Meningkatkan Produktivitas

Adapun manfaatnya sendiri adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Sehingga apabila job desk telah disampaikan dengan baik, tentunya akan membuat semakin meningkatkan kepercayaan diri pada karyawan. Sehingga akan berdampak pada pekerjaan yang lebih baik.

2. Konflik Antar Karyawan Lebih Diminimalisir

Konflik memang menjadi hal yang sering terjadi, namun dengan adanya struktur organisasi perusahaan hal ini akan mampu diminimalisir.

Dengan adanya tatanan ini, akan mampu membantu karyawan menjadi lebih fokus terhadap pekerjaannya masing masing dan mampu mengurangi terjadinya konflik.

3. Operasional Akan Berjalan Lebih Efisien

Pada sistem operasional, segala kebutuhan pun akan berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Hal ini lantaran adanya struktur yang jelas pada perusahaan.

Biasanya dalam deskripsi tersebut akan terdapat prosedur atau operasional yang berisikan tugas masing masing. Dengan begitu, setiap tim akan memiliki SOP yang jelas.

4. Komunikasi Akan Berjalan Lebih Baik

Komunikasi antar karyawan perusahaan juga akan bisa berjalan dengan lebih baik dengan adanya struktur organisasi perusahaan. Sehingga pembagian tugas pun akan lebih mudah dan sesuai kepada setiap anggota tim.

Dengan adanya tatanan ini, akan menghindari terjadinya pekerjaan yang double dan memudahkan dalam pengambilan keputusan.

Contoh Struktur Organisasi

1. Divisi

Dalam sebuah struktur akan terdiri dari beberapa divisi atau departemen yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Bagian satu ini memang dipimpin oleh kepala divisi atau yang sering disebut dengan leader.

2. Manajer

Manajer disini memiliki peran yakni untuk memonitoring karyawan yang ada di dalam perusahaan.

Biasanya setiap tim akan memiliki satu manajer yang berfungsi sebagai pengelola utama dari divisi tersebut.

3. Direksi

Jabatan direksi ini memang memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini lantaran individu tersebut akan memiliki wewenang secara langsung dalam setiap pengambilan keputusan yang ada di perusahaan.

Setiap perusahaan umumnya, akan memiliki satu orang direktur utama dan beberapa orang sebagai wakil direktur.

Ketika Anda ingin mengelola bisnis atau memulai perusahaan, penting rasanya memiliki struktur organisasi.

Hal ini memiliki tujuan agar nantinya Anda pun akan lebih mudah mengontrol karyawan untuk mengetahui setiap job desk atau bagian yang menjadi kewajibannya. Sehingga pekerjaan pun tidak akan tumpang tindih.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.