Bekerja akan terasa nyaman jika kantor memiliki suasana yang mendukung produktivitas karyawannya. Akan sangat disayangkan jika potensi karyawan tidak bisa disalurkan karena ruangan kerja yang buruk. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk intip syarat standar ruang kantor sebagai berikut!
A. Pengertian Ruang Kantor
Ruang kantor merupakan sebuah ruangan yang memang dibentuk sebagai tempat yang dapat dipergunakan untuk menjalankan aktivitas tata usaha.
Setidaknya ruangan tersebut harus memudahkan para pekerja untuk melakukan kegiatannya dan leluasa dalam bergerak.
Memanajemen sebuah ruang kantor tidak hanya membuat tampilannya terlihat estetik, namun juga mengikuti kaidah kaidah yang dapat mendukung kerja hemat, efektif, dan efisien.
Alasan itulah yang membuat penataan interior kantor bukan termasuk kegiatan yang mudah dilakukan.
B. Berapa Ukuran Ruang Kantor yang Sesuai Standar?
Ukuran untuk sebuah ruang kantor tidak bisa dItuliskan secara langsung dalam bentuk angka.
Namun berdasarkan informasi yang didapat, setiap orang memerlukan ruang sekitar 24 meter persegi. Ukuran tersebut bisa berubah tergantung aktivitas orang yang bersangkutan.
Baca Juga: Manfaat Tata Ruang Kantor yang Baik Terhadap Kinerja Karyawan
C. Syarat Standar Ruang Kantor
1. Kebersihan
Kebersihan menjadi poin yang tidak boleh Anda lewatkan bahkan di kantor sekalipun. Ruang kerja yang bersih membuat orang yang beraktivitas di dalamnya juga merasa nyaman.
Oleh karena itu, aturan menjaga kebersihan merupakan hal mutlak yang tidak bisa ditawar.
2. Suhu Udara
Suhu udara termasuk hal yang sangat mempengaruhi produktivitas seseorang. Akan terasa tidak nyaman jika suhu udara di dalam ruangan terlalu panas.
Demi mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan AC. Fasilitas tersebut semakin wajib ketika kantor berada di kota yang bersuhu panas.
3. Ventilasi Plafon
Menjadi aturan dasar bagi setiap gedung yang besar untuk memperhatikan aspek ketersediaan ventilasi. Jika ventilasinya bagus, maka pertukaran udara di ruangan menjadi lebih lancar.
Alhasil suasana di dalam tidak akan terasa sesak dan nyaman untuk bekerja.
4. Penerangan Cahaya
Ketersediaan cahaya juga penting dan sifatnya mutlak diperhitungkan. Tidak mungkin jika Anda bekerja di dalam ruangan yang gelap atau remang remang.
Demi menyiasati pengeluaran listrik, Anda perlu membangun ruangan yang salah satu sisinya dibuat dari kaca agar sinar matahari bisa masuk.
5. Fasilitas Kesehatan
Syarat standar ruang kantor yang berikutnya adalah tersedianya fasilitas kesehatan. Setidaknya harus ada ruang untuk memberikan tindakan kepada karyawan yang terluka, seperti hal nya UKS di sekolah. Di sana pun harus ada kotak P3K sebagai fasilitas kesehatan yang paling minim.
6. Fasilitas Cuci
Wastafel atau fasilitas untuk mencuci tangan atau peralatan makan merupakan komponen pendukung yang akan membuat kantor terasa nyaman.
Fasilitas tersebut juga berhubungan langsung dengan aspek kebersihan sehingga keberadaannya sangat penting.
7. Air Minum
Air minum menjadi fasilitas lain yang akan membuat pekerja merasa lebih senang dan betah berada di kantor.
Seperti yang Anda tahu, air putih merupakan kebutuhan harian semua makhluk hidup. Akan sangat merepotkan jika karyawan harus pergi ke minimarket hanya untuk membeli air.
8. Lantai
Lantai yang bersih menjadi aspek yang tidak bisa dilewatkan oleh sebuah bangunan kantor.
Demi menjaga kebersihan lantai, ada perusahaan yang menerapkan aturan untuk berganti sandal ruangan. Karyawan diminta untuk meninggalkan sepatu luar di rak depan.
9. Gang
Gang atau koridor merupakan bagian penghubung antar ruangan yang ada di dalam kantor. Bagian tersebut adalah spot yang paling sering digunakan oleh karyawan untuk berlalu lalang.
Oleh karena itu, lorong sebagai syarat standar ruang kantor perlu dibuat dengan aman dan nyaman.
Baca Juga: Tata Ruang Kantor – Pengertian, Jenis, dan Asas yang Digunakan
10. Tangga
Tangga menjadi penghubung antar lantai yang vertikal atau atas bawah, dan tangga perlu dibangun dengan memperhitungkan keselamatan dan kenyaman pengguna.
Anda perlu menghindari tipe tangga yang terlalu curam dan tinggi karena berbahaya bagi karyawan.
11. Penjagaan Kebersihan
Penjaga kebersihan menjadi tenaga yang sifatnya wajib di sebuah kantor atau gedung. Tidak mungkin jika setiap karyawan yang sudah bekerja dari pagi masih harus piket sepulang jam kantor. Tentu hal tersebut menyalahi aturan tenaga kerja.
12. Aroma Yang Segar
Kantor yang baik adalah mereka yang udaranya segar dan bersih. Anda bisa menggunakan penyegar ruangan yang aromanya wangi agar setiap pekerja merasa nyaman.
Perlu Anda tahu bahwa bau yang tidak sedap akan membuat seseorang tidak bisa bekerja maksimal.
13. Mudah Diakses
Syarat penting bagi sebuah kantor yaitu mereka harus berdiri di lingkungan atau distrik yang mudah dijangkau oleh para pekerja.
Tidak heran jika banyak kantor yang berdiri di tengah kota dan pusat keramaian.
14. Kantin
Kantor yang bagus adalah mereka yang memiliki fasilitas kantin. Atau setidaknya, kantor berada di dekat warung atau minimarket.
Hal ini penting agar karyawan tidak bingung mencari makan saat jam istirahat.
15. Bebas Polusi
Syarat standar ruang kantor berikutnya adalah udara yang sehat dan bebas polusi.
Jika kebetulan kantor berada di kawasan pabrik, maka penting bagi Anda untuk memasang alat penyaring udara. Dengan begitu, kesehatan karyawan tidak akan terganggu dan karyawan dapat bekerja dengan nyaman.
Informasi yang telah diberikan sebelumnya perlu ada saat hendak membuat sebuah kantor atau ruang kerja.
Suasana yang nyaman akan mendukung kinerja otak sehingga bisa lebih kreatif dalam menyelesaikan berbagai tugas.
0 Komentar