Cara Membuat Visi dan Misi untuk Perusahaan Lengkap dengan Contohnya

oleh | Agu 1, 2022 | Berita | 0 Komentar

Dalam membentuk suatu perusahaan atau organisasi, visi dan misi merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan. Sebab visi misi yang nantinya akan menjadi dasar untuk perjalanan organisasi kedepannya, sehingga mampu mencapai kesuksesan. Adapun cara membuat visi dan misi yaitu sebagai berikut.

A. Definisi dan Perbedaan Visi dan Misi

Agar dapat membuat visi dan misi perusahaan yang baik, maka anda perlu memahami pengertian dari misi visi ini terlebih dahulu serta perbedaan di antara kedua istilah tersebut.

Dimana visi yaitu suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat nilai inti dari suatu organisasi, bisa berisikan cita cita atau impian.

Bisa dibilang bahwa visi adalah kata kata yang menggambarkan tujuan anda di masa depan, apa yang ingin diciptakan oleh perusahaan suatu hari nanti.

Bagi bisnis, visi ini tidak hanya cita cita untuk kebutuhan perusahaan semata. Melainkan berkaitan pula dengan pelanggan dari bisnis anda.

Sementara misi adalah gagasan atau rencana yang dilakukan oleh organisasi guna mencapai visi yang telah ditetapkan.

Jadi perbedaannya adalah visi lebih kepada gambaran secara garis besar mengenai cita cita dalam jangka panjang, sedangkan misi lebih kepada gambaran dari langkah langkah yang akan dikerjakan dan berorientasi pada masa itu.

Sehingga visi umumnya bersifat permanen, di lain sisi misi dapat berubah apabila langkah yang telah dijalankan berbuah sukses atau gagal dalam mewujudkan visi.

Beginilah cara membuat visi dan misi dimulai, ketika anda sudah paham fokus dari kedua istilah tersebut. Dan perlu diingat bahwa visi dan misi ini tidak bisa dipisahkan dalam perusahaan.

B. Cara Membuat Visi dan Misi untuk Perusahaan

1. Lakukan dengan Siapa Saja yang Terlibat dalam Perusahaan

Ketika hendak membuat visi dan misi untuk perusahaan, maka sebaiknya dilakukan dengan siapa saja yang terlibat dalam organisasi tersebut. Tujuannya adalah supaya semua yang terlibat tahu dan turut serta memberikan idenya.

Ini akan membuat anda semakin terbuka akan tujuan perusahaan. Dan bukan tidak mungkin untuk mendapatkan ide yang terbaik melalui diskusi tersebut.

Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan – Pengertian, Fungsi, Manfaat, & Contoh

2. Identifikasi Tujuan Perusahaan

Saat berdiskusi menentukan visi dan misi perusahaan, coba identifikasi terlebih dahulu apa tujuan perusahaan tersebut didirikan. Pikirkan pula mengenai ruang lingkup serta keuntungannya.

Beberapa pertanyaan yang perlu anda jawab diantaranya mengapa perusahaan anda perlu ada, bagaimana perusahaan melakukan sesuatu secara efisien, serta apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

3. Pertimbangkan Nilai Nilai Perusahaan

Cara membuat visi dan misi berikutnya yaitu dengan mempertimbangkan nilai nilai perusahaan, baik itu nilai implisit maupun eksplisit.

Nantinya anda bisa menjalankan bisnis beriringan dengan tujuan perusahaan apabila telah berhasil menemukan nilai nilai perusahaan tersebut.

Biasanya bentuk dari nilai ini sendiri ditunjukkan dengan kata yang sederhana, seperti komunikasi atau inovasi.

4. Buat Kalimat yang Jelas dan Bagus

Dalam membuat visi dan misi untuk perusahaan, pastikan anda menggunakan kalimat yang bagus agar terdengar penuh makna.

Akan tetapi, hindari penggunaan kata yang tidak efektif dan terkesan ambigu. Anda perlu memastikan kalimat visi misi jelas supaya tidak terjadi multi tafsir yang bisa berakibat fatal dan mempengaruhi kinerja para pegawai.

C. Tujuan Visi dan Misi

1. Tujuan Internal

Tujuan internal visi dan misi berkaitan dengan perusahaan sendiri. Seperti bantuan untuk menentukan standar kinerja, panduan pengambilan keputusan karyawan, menginspirasi para karyawan dengan memberikan fokus tujuan agar lebih produktif, serta membimbing pemikiran manajemen pada berbagai isu strategis.

2. Tujuan Eksternal

Sementara tujuan eksternal dari visi dan misi yaitu sebagai alat hubungan masyarakat, mendapatkan dukungan dari pihak eksternal, dan menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan maupun pemasok.

Tujuan ini akan terealisasikan apabila cara membuat visi dan misi yang tepat bisa anda lakukan.

D. Contoh Visi dan Misi

1. The Honey Lady

Visi: Menjadi perusahaan penyewaan dan pengelolaan gedung perkantoran yang diakui oleh pelanggan (tenant) dan mitra kerjanya sebagai perusahaan yang mampu memenuhi standar pengelolaan dan memberikan layanan terbaiknya kepada pelanggan.

Misi: Memberikan pelayanan penyewaan dan pengelolaan gedung perkantoran yang baik melalui :

  • Sistem pengelolaan yang efektif dan efisien.
  • Menjalankan kegiatan perusahaan dengan standar etika yang tinggi dengan kejujuran dan integritas.
  • Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.
  • Peduli terhadap kepentingan pelanggan dalam beraktifitas mengembangkan bisnisnya.
  • Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder.

2. Microsoft

Visi: Memberdayakan setiap orang melalui perangkat lunak yang hebat kapan saja, di mana saja, dan di perangkat apapun.

Misi: Membantu memberdayakan setiap orang di dunia agar menjadi lebih produktif.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip