Baca Juga: Fasilitas Sewa Ruang Kantor
SOP dikenal sebagai salah satu standar yang dibentuk untuk melakukan suatu kegiatan. Banyak SOP yang dibentuk sesuai dengan bidangnya masing masing, salah satunya dalam bidang keamanan. Apa itu SOP keamanan kantor dan apa saja komponen yang harus diperhatikan? Yuk simak pembahasan lengkapnya disini.
Apa itu SOP?
Standard Operating Procedure atau biasa disebut dengan SOP atau bisa juga di sebut IT Staf Guidelines adalah suatu prosedur operasional standar yang akan mengatur suatu kegiatan. Sehingga SOP dapat diartikan sebagai rangkaian prosedur yang akan dimiliki oleh instansi atau perusahaan tertentu. SOP akan dijadikan sebagai panduan untuk mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan.
Untuk lebih mengetahui dan memahami arti dari SOP ini maka akan ada banyak pendapat dari para ahli untuk menguatkannya. Salah satunya adalah dari Moekijat yang mengatakan bahwa SOP adalah langkah atau urutan tata cara dalam melakukan sebuah kegiatan. Termasuk di dalamnya tempat, waktu pelaksanaan dan siapa yang akan menjalankannya.
Selain itu ada juga pendapat dari Sailendra. Pendapat ini cukup berbeda daripada pendapat lainnya. Sailendra mengatakan bahwa SOP adalah sebuah panduan kegiatan operasional perusahaan. Adanya SOP ini akan bertujuan untuk memastikan semua kegiatan bisa berjalan lebih baik dan lancar.
Aspek Dalam Membuat SOP Keamanan Kantor
SOP keamanan kantor sangat penting dan harus dibuat dan dijalankan. Pentingnya adanya SOP ini juga harus mempertimbangkan beberapa prinsip yang harus ada di dalamnya. Beberapa prinsip tersebut antara lain adalah bahwa SOP yang dibuat harus mudah dipahami oleh semua pihak. Sehingga pengaplikasian SOP ini akan lebih mudah dikerjakan.
Selain itu, SOP yang dibuat juga harus bersifat efektif dan juga efisien. Hal ini akan menunjang kinerja pekerja yang akan mengaplikasikan SOP tersebut setiap hari. Aspek lainnya yang harus diperhatikan adalah terkait kepastian hukum. SOP yang benar akan memberikan kepastian hukum yang jelas atas setiap pelanggaran yang terjadi.
SOP yang baik juga akan mempertimbangkan kejelasan dalam memberikan informasi. Hal ini akan memudahkan dalam memahami visi, misi, serta tujuan perusahaan. Selain itu, aturan atau SOP ini juga harus terukur dengan jelas, sehingga akan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi namun juga masih bisa dilakukan revisi bila sudah tidak relevan lagi.
SOP keamanan juga harus bersifat dinamis. Hal ini karena seiring perkembangan perusahaan maka akan diperlukan banyak penyesuaian dalam banyak bidang termasuk dalam hal prosedur juga aturan keamananya. Sehingga penting untuk membuat aturan SOP yang bisa digunakan dalam waktu yang lama.
Komponen Keamanan Kantor
1. POS Keamanan 24 jam
Komponen yang pertama dalam menentukan keamanan kantor adalah adanya Pos keamanan yang berjaga selama 24 jam. Sangat penting untuk perusahaan mempunyai petugas keamanan yang berjaga dengan sistem shift. Anda bisa mempertimbangkan hal ini saat akan membuat SOP keamanan kantor.
2. Ketersediaan CCTV
CCTV adalah komponen lainnya yang harus ada di kantor yang anda gunakan. Sehingga keberadaan alat keamanan satu ini wajib ada. Anda bisa memperhatikan ketersediaan CCTV dan kualitasnya saat memilih bangunan kantor yang tepat. Anda bisa memasang CCTV di bagian yang rawan kejahatan di bagian tertentu.
3. Alarm Kebakaran
Hal lain yang tidak kalah penting adalah terkait alarm kebakaran. Dalam sebuah gedung perkantoran, ketersediaan tombol alarm kebakaran adalah sebuah keharusan. Alarm ini akan berguna untuk membantu disaat darurat. Namun tetap saja, perlu adanya pengecekan terhadap komponen keamanan ini agar berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.
4. Ketersediaan Komponen Emergency
Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah ketersediaan peralatan P3K, alat pemadam kebakaran, telepon seluler yang digunakan saat listrik padam hingga alat pengeras suara yang berfungsi dengan baik. Berbagai alat standar ini penting adanya terlebih dibutuhkan saat terjadi kejadian yang darurat.
5. Pemeriksaan Masuk
Hal lainnya yang tak kalah penting adalah faktor pemeriksaan keamanan saat ada pengunjung yang masuk. Hal ini adalah salah satu protokol yang wajib dilakukan demi menjaga keamanan kantor. Walaupun sedang terburu buru, namun pengunjung harus wajib menjalani protokol ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.
6. Sistem Keamanan Pintu
Hal ini mungkin sepele namun penting sekali dan harus diperhatikan dalam komponen SOP keamanan kantor. Sistem keamanan pintu sangat penting untuk diperhatikan sehingga akan bisa menutup dan membuka dengan sempurna saat ada yang keluar dan masuk. Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.
Itulah sekilas informasi tentang SOP dan apa saja komponen yang mempengaruhinya. Dengan mengetahui informasi seputar SOP diatas akan membuat anda lebih memahami pentingnya membuat SOP yang benar. Selain itu anda bisa menentukan komponen SOP yang baik untuk prosedur keamanan kantor lebih baik.
0 Komentar