Suatu perusahaan akan melakukan pekerjaan kantor baik itu pokok maupun penunjang guna memperoleh keuntungan yang maksimal sesuai visi misi bisnis. Dan dalam hal ini, ada banyak sekali jenis tugas kantor tersebut.
Bahkan setiap perusahaan dapat memiliki tugas yang berbeda, tergantung kebutuhan masing masing. Maka dari itu, yuk kenali jenis jenis pekerjaan kantor beserta ciri dan contohnya.
A. Pengertian Pekerjaan Kantor
Secara umum, pekerjaan kantor merupakan tugas yang mengatur serta mencatat berbagai kejadian yang dilaksanakan sehingga dapat menjadi keterangan berguna.
Ini meliputi kegiatan kegiatan penunjang tugas utama atau visi perusahaan, yang meliputi mencatat, mengolah, dan menganalisa.
Beberapa ahli turut mendefinisikan mengenai pekerjaan kantor, salah satunya George Robert Terry yang merupakan seorang penulis bidang manajemen dari Amerika.
Terry menyebutkan bahwa pekerjaan kantor adalah penyampaian informasi atau keterangan secara lisan serta pembuatan laporan, untuk menyediakan landasan fakta bagi tindakan kepemimpinan.
Selain Terry, The Liang Gie yang merupakan intelektual sekaligus dosen dan pengarang pun turut menjabarkan pengertian pekerjaan kantor.
Menurutnya pekerjaan kantor yaitu segenap tugas yang dilaksanakan guna mendukung tercapainya suatu pekerjaan pokok.
Yang mana meliputi pekerjaan pekerjaan tulis (clerical work) dan pekerjaan kertas (paper work).
B. Ciri Ciri Pekerjaan Kantor
Untuk memahami jenis jenis pekerjaan kantor lebih jauh, terdapat beberapa ciri yang perlu diketahui.
Ciri ini dapat dilihat guna mengkategorikan apakah suatu tugas termasuk pekerjaan kantor atau tidak.
Adapun ciri ciri pekerjaan kantor umumnya ada tiga, yang pertama yaitu kegiatannya tidak jauh dari kegiatan menghitung, mencatat, dan mengolah.
Kemudian yang kedua tugas dilakukan untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan pokok atau visi dari suatu perusahaan atau organisasi.
Dan tugas tersebut tersebar ke seluruh divisi atau bagian yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas pokok.
Apabila suatu tugas memiliki ketiga ciri ini, maka dapat dikatakan bahwa tugas terkait termasuk pekerjaan kantor.
C. Jenis Pekerjaan Kantor
1. Mencatat
Mencatat dalam hal ini umumnya dilakukan seperti membuat surat, mencatat berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan, dan membuat notula.
Intinya pekerjaan mencatat ini berwujud tulisan mengenai data data yang dibutuhkan serta mempunyai arti, bisa disimpan, dan dapat dikirim.
2. Pengumpulan Data
Jenis jenis pekerjaan kantor berikutnya yaitu pengumpulan data, yakni kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala informasi agar bisa siap digunakan ketika diperlukan.
Tugas pengumpulan data ini bisa juga disebut menghimpun, dimana keterangan yang tadinya berserakan di mana mana atau belum ada menjadi siap tersedia.
3. Pengolahan
Pengolahan merupakan tugas kantor yang meliputi berbagai macam kegiatan mengerjakan informasi yang ada, dengan maksud menyajikannya dalam bentuk yang lebih berguna.
Jadi laporan yang telah dicatat maupun data yang telah dikumpulkan nantinya akan diolah sedemikian rupa, misalnya untuk membuatkan laporan keuangan perusahaan.
4. Komunikasi
Melakukan komunikasi adalah tugas kantor yang penting bagi perusahaan, baik itu dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui perantara media.
Seperti kegiatan korespondensi, melakukan panggilan telepon, chatting, melakukan pengiriman email, faksimili, dan lain sebagainya untuk mengirimkan ide atau gagasan kepada pihak lain.
5. Mengetik
Mengetik merupakan jenis jenis pekerjaan kantor yang pada hakikatnya adalah tugas juru tulis.
Adapun bahan yang diketik yaitu warkat seperti catatan neraca pembukuan, naskah naskah perjanjian memo, surat, nota, dan berbagai laporan.
Bagi pegawai tata usaha, kemampuan mengetik seperti ini menjadi syarat dasar untuk menjalankan tugas kantor.
6. Surat Menyurat
Surat menyurat termasuk tugas kantor yang bersifat ketatausahaan dan berhubungan dengan administratif.
Tugas ini sangat penting, karena setiap kantor umumnya akan menerima dan mengirim surat dengan jumlah tergantung besar kecilnya organisasi terkait.
Biasanya semakin besar jangkauan kantor, maka akan membutuhkan lebih banyak surat yang harus ditangani.
7. Pengiriman
Kegiatan pengiriman dalam hal ini dapat memperlancar komunikasi dengan pihak lain.
Seperti melakukan pengiriman email, surat, faksimili, dokumen, hingga barang tertentu dengan berbagai cara dan alat penunjang.
Adapun tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain.
8. Menyimpan
Perusahaan perlu menggandakan barang atau dokumen yang dikirim untuk disimpan, setelah melakukan kegiatan pengiriman.
Tugas menyimpan ini mencakup meletakan informasi yang ada dengan menggunakan alat penyimpanan supaya aman.
Seperti menyimpan folder informasi di komputer, menyimpan arsip, dan lain lain.
9. Menghitung
Berbicara mengenai tugas menghitung pastinya akan berkaitan dengan angka. Jenis jenis pekerjaan kantor tersebut berhubungan dengan masalah uang di perusahaan.
Sebab setiap kegiatan di suatu badan usaha pastinya memerlukan biaya.
Beberapa contoh kegiatan menghitung di kantor antara lain, menghitung belanja barang, menghitung belanja pegawai, biaya transportasi, dan lain sebagainya.
Demikianlah pembahasan mengenai jenis pekerjaan kantor beserta ciri dan contohnya. Jenis yang telah disebutkan diatas pun masih hanya segelintir saja.
Sebab setiap perusahaan umumnya memiliki tugas kantor yang berbeda beda sesuai kebutuhan masing masing.
Sehingga ada banyak sekali jenis pekerjaan kantor yang ada, baik itu yang bersifat ketatausahaan maupun bersifat non-ketatausahaan.
0 Komentar