Ikuti Perkembangan Digital, Kenali Virtual Office Untuk Memulai Bisnis Disini!

oleh | Sep 12, 2022 | Berita | 0 Komentar

Baca Juga: Yuk Simak Berbagai Manfaat Virtual Office dalam Pengembangan Perusahaan

Virtual office adalah suatu solusi untuk anda yang ingin membuka bisnis tapi tidak punya lahan untuk membuat bangunan kantor. Kantor yang bisa dibuat dengan virtual ini bisa membuka banyak peluang usaha untuk para pelaku bisnis yang punya keterbatasan ruang. Apa sih Virtual office dan bagaimana cara kerjanya, yuk simak penjelasannya berikut.

Apa itu Virtual Office

Secara umum, virtual office merupakan sewa kantor non-fisik yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis anda secara legal. Bahkan dengan menggunakan sistem virtual office anda juga akan bisa mendapatkan perusahaan dengan alamat yang jelas yaitu di salah satu pusat bisnis Jakarta seperti Treasury Tower, Sampoerna Strategic Square, dan Menara Standard Chartered.

Tak hanya itu, anda selaku penyewa Virtual Office juga akan bisa menikmati fasilitas layaknya kantor umumnya seperti ruang meeting, dan ruangan lainnya. Adanya virtual office ini akan cocok untuk perusahaan yang sedang berkembang dan ingin menghemat biaya operasional dan juga efisien dalam penggunaan staf operasional kantor.

Perbedaan dengan Kantor Konvensional

Sistem virtual office dengan kantor konvensional lainnya pada umumnya tentu berbeda. Hal yang paling membedakan tentu bentuk kantornya. Sistem virtual office adalah tak akan mempunyai bentuk kantor fisik namun akan berupa virtual. Berbeda dengan kantor konvensional yang akan mempunyai bentuk bangunan fisik yang terlihat.

Baca Juga: The Honey Lady Building Sewa Ruang Kantor & Rental Office Jakarta

Kelebihan dan kekurangan Virtual Office

1. Kelebihan Virtual Office

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi digital saat ini juga akan mendorong banyak pelaku bisnis untuk lebih berkembang dan mengikuti jaman. Salah satunya adalah dengan menggunakan inovasi terbaru di bidang digital yaitu virtual office. Banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan bila menggunakan Virtual office untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa diantaranya adalah mampu menghemat biaya operasional kantor, meningkatkan citra perusahaan menjadi lebih modern hingga menghemat waktu bekerja yang akan lebih efisien. Selain itu, menggunakan virtual office ini juga akan memudahkan anda untuk pindah kantor bila diperlukan sehingga tidak membuang banyak tenaga dan waktu.

Baca Juga: Yuk Simak Berbagai Manfaat Virtual Office dalam Pengembangan Perusahaan (berikan link ke artikel diatas)

2. Kekurangan Virtual Office

Walaupun banyak kelebihannya, namun virtual office adalah dalam penggunaannya juga punya kekurangan yang harus anda waspadai. Salah satu kekurangan sistem virtual office ini adalah kurangnya hubungan yang akan terjalin antar karyawan perusahaan. Hal ini tentu berbeda bila anda berinteraksi dengan sesama karyawan secara langsung.

Satu hal lagi yang harus diwaspadai bila menggunakan sistem virtual office salah satunya adalah fokus karyawan dalam melakukan pekerjaannya yang kurang. Hal ini tentu saja karena karyawan aan bekerja di luar kantor atau dimana saja sehingga fokusnya akan mudah terdistraksi kepada hal lainnya yang akan menghambat pekerjaannya.

Cara Kerja Virtual Office

1. Video Conference

Salah satu cara kerja yang akan bisa anda gunakan dengan virtual office  salah satunya adalah Video Conference. Cara kerja ini akan membuat anda akan tetap bisa terhubung dengan staf atau karyawan lainnya dalam satu perusahaan. Fitur ini juga bisa memudahkan anda dalam melakukan kegiatan besar perusahaan seperti rapat dengan lebih fleksibel.

2. Virtual Address

Salah satu hal yang menarik dari penggunaan virtual office adalah adanya Virtual Address. Karena semua hal terkait virtual office akan berbasis digital, maka hal ini juga akan berlaku pada alamat kantornya. Walaupun begitu, namun kantor anda juga akan masih punya alamat yang jelas  dan alamat email resmi yang juga legal secara hukum.

3. Area Kerja Bersama

Cara kerja lainnya yang bisa anda gunakan di virtual office salah satunya adalah area kerja bersama atau ruang kerja bersama. Dengan menggunakan ini, maka setiap karyawan perusahaan akan bisa mengakses banyak ruangan yang tersedia secara virtual. Sehingga akan tercipta sistem kerja sama yang baik antar karyawan di dalam suatu perusahaan.

Konsep Virtual Office

Konsep virtual office ini memang sepenuhnya akan menggunakan cara digital dalam mengoperasikan perusahaan. Mulai dari kantor, alamat hingga pelayanannya akan menggunakan bantuan digital. Namun walaupun menggunakan digital atau virtual, kantor akan tetap berjalan seperti kantor pada umumnya yang mempunyai legalitas hukum yang jelas.

Contoh Virtual Office

Virtual office adalah kantor yang disediakan secara virtual dengan berbagai fitur dan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang akan didapatkan adalah seperti meeting room, lounge,internet access, printing, copier, resepsionis professional, nomor telepon dan fax dengan operator pribadi. Sehingga kantor anda akan terlihat profesional.

Itulah sekilas tentang Virtual Office yang bisa anda ketahui. Kantor online ini sudah banyak digunakan oleh banyak pelaku bisnis saat ini. Adanya kantor virtual ini juga sebagai salah satu solusi dibukanya banyak peluang bisnis yang menjanjikan di tengah perkembangan teknologi digital saat ini. Apakah anda tertarik mencobanya?

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.