Pahami Jenis Jenis Peralatan Kantor Habis Pakai Beserta Fungsinya

oleh | Sep 9, 2022 | Berita | 0 Komentar

Baca Juga: Begini Metode dan Cara Menghitung Penyusutan Peralatan Kantor

Tentu saja, beberapa peralatan kantor cukup tahan lama untuk dibeli setahun sekali, sementara yang lain habis dalam waktu singkat. Jangan sampai kantor tidak memiliki stok peralatan habis pakai. Hal ini karena persediaan yang sedikit dapat menghambat kelancaran pekerjaan. Berikut deretan jenis jenis peralatan kantor habis pakai dan juga fungsinya.

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan kantor

Tentu saja, perusahaan membutuhkan barang-barang kecil yang bisa habis, seperti kertas, pulpen, dan tinta printer. Elemen-elemen ini mungkin tampak sederhana, tetapi sangat penting untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan Anda. Barang-barang tersebut termasuk dalam kategori perlengkapan. Barang habis pakai atau dapat digunakan kembali yang dimiliki oleh bisnis. 

Barang-barang yang biasanya tergolong aksesoris berukuran relatif kecil dan tujuan keberadaannya adalah untuk melengkapi kebutuhan bisnis perusahaan daripada menjadi penunjang utama kegiatan perusahaan. Meski terlihat kecil, persediaan bisa sangat mahal, terutama untuk perusahaan besar. Perlengkapan Kantor adalah barang-barang yang diperlukan untuk pekerjaan kantor. 

Perusahaan besar perlu mencatat penggunaan perangkat ini dengan benar untuk mencerminkan nilai akuntansinya. Perhitungan dapat dilakukan dengan menggunakan metode praktis. Artinya, tambahkan nilai persediaan awal dan nilai pembelian dan kurangi persediaan yang tersisa. Sisanya yang tercatat pasti sudah melalui tahap diinventarisasi.

Jika yang dikatakan perlengkapan berupa alat tulis, bagaimana dengan barang-barang lain di perusahaan Anda seperti furnitur, kendaraan, komputer, mesin, atau bahkan gedung itu sendiri? Oleh karena itu, istilah fasilitas atau peralatan mengacu pada barang atau tempat yang digunakan atau dipakai oleh perusahaan untuk mendukung proses pekerjaannya. 

Anda akan menemukan 2 jenis peralatan yaitu peralatan besar dan peralatan kecil. Peralatan besar berarti peralatan yang merupakan aset atau milik perusahaan yang dapat dijual kembali atau menghasilkan pendapatan. Peralatan ini termasuk dalam neraca aset tetap saat dibeli dan harus disusutkan. Contoh peralatan besar termasuk kendaraan, gedung, dan komputer. 

Peralatan kecil adalah barang yang memenuhi kriteria peralatan, tetapi berupa barang kecil yang dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan. Contoh alat kecil antara lain gunting, stapler, obeng, dan kotak penyimpanan. Seperti peralatan besar, peralatan kecil juga dikenal sebagai barang yang berupa aset tetap pada saat perolehan dan harus disusutkan.

Perbedaan barang tidak habis pakai dan barang habis pakai

Barang tidak habis pakai diartikan sebagai barang yang dapat digunakan jangka panjang. Barang jenis ini sudah berbeda karena beberapa telah diperkecil dan diganti dengan teknologi terbaru. Misalnya, telepon dan buku alamat yang telah digantikan oleh adanya Internet. Sedangkan barang habis pakai adalah barang yang hanya bisa digunakan sekali.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Jenis Jenis Peralatan Kantor Beserta Fungsinya

Contoh peralatan habis pakai untuk kantor beserta Fungsi dan pemakaiannya

1. Staples

Di kantor, ada dokumen berlubang dan dokumen tanpa lubang. Tentu saja untuk dokumen yang mungkin memiliki lubang seperti salinan, hampir selalu menggunakan staples untuk menyatukannya. Untuk itu keberadaan langkah-langkah tersebut sangat penting, dan kebutuhannya tergantung pada berapa banyak dokumen yang didokumentasikan di kantor.

2. Stopmap

Fitur yang disebut juga stop folder atau map ini merupakan untuk mengatur dokumen-dokumen tertentu dalam satu folder yang sama. Misalnya, satu dokumen pesanan harus ditempatkan di satu folder, dan dokumen pesanan berikutnya harus ditempatkan di folder lain. Peralatan yang satu ini akan terus digunakan untuk berbagai dokumen yang terdaftar. 

3. Klip

Memegang dokumen serupa di satu tangan membutuhkan klip kertas. Tujuannya adalah untuk mencegah dokumentasi yang dikompilasi secara acak. Folder atau dokumen yang terdapat dalam folder biasanya dijepit dengan klip kertas. Klip kertas adalah alat kantor yang dapat digunakan dan kebutuhannya akan bertambah seiring dengan jumlah dokumen yang ditempel. 

Keuntungan menggunakan klip kertas ini adalah tidak akan merusak dokumen yang dijepret. Berbeda dengan saat menggunakan staples, akan ada celah pada dokumen. Banyak perusahaan yang memilih menggunakan peralatan yang satu ini untuk memberi tanda atau menjepit dokumen agar tidak kesulitan ketika hendak memisahkan dokumen kembali.

4. Kertas

Kertas diartikan sebagai salah satu alat kantor yang tidak dapat dipisahkan karena semua dokumen harus ditulis di atas kertas. Tetapi kertas juga merupakan barang habis pakai. Baru dipakai sekali atau dua kali. Saat menggunakan kertas pastinya hanya mengisi pada bagian muka atau hanya belakangnya saja. Itulah mengapa disebut sebagai peralatan habis pakai.

5. Tinta Printer

Jenis-jenis peralatan kantor habis pakai selanjutnya yaitu tinta printer. Tidak semua kantor ada saat ini, dan sangat sedikit yang tidak memiliki printer. Printer adalah peralatan kantor yang cukup tahan lama, tetapi tinta tidak. Tinta printer cepat habis tergantung jumlah cetakan. Setelah dipakai maka tinta ini tidak akan bisa digunakan kembali di perusahaan.

Anda akan dapat menemukan berbagai jenis perlengkapan dan peralatan yang digunakan dalam perusahaan. Selain itu, terdapat 2 jenis peralatan yang bisa ditemukan yaitu barang tidak habis pakai dan barang habis pakai. Anda perlu memahami perbedaan diantara keduanya untuk bisa memahami berbagai jenis alat yang diperlukan dalam perusahaan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip